Senin, 17 Februari 2014

B.   Pengaruh Perburuan Liar terhadap Populasi badak bercula satu
Salah satu hewan yang diburu manusia badak khusunya badak bercula satu. Badak dimanfaatkan culanya untuk dijual dan dijadikan hiasan. Karenanya harga cula badak sangat mahal bisa sampai ratusan juta rupiah. Para pemburu yang kepincut dengan mahalnya gading badak tersebut akhirnya berlomba – lomba untuk mendapatkan/memburu badak tersebut. Dampak yang menonjol dari perburuan ini adalah punahnya spesies badak khusunya badak bercula satu.
Badak bercula satu atau yang dalam bahasa ilmiahnya Rhinoceros sondaicus termasuk dalam famili Rhinocerotidae dan satu genus dengan badak dari india.                                        Badak bercula satu/badak jawa memiliki tinggi 1,4 – 1,7 dan panjang 3,1 – 3,2. Badak jawa termasuk hewan herbivora. Selain membutuhkan dedaunan untuk makanan ia juga membutuhkan garam sebagai nutrisinya.
Saat ini badak jawa di lindungi di Taman Nasional Ujung Kulon di Indonesia dan Taman Nasional Cat Tien di Vietnam. Pada tahun 2007 terdapat 40 – 50 badak di Taman Nasional Ujung Kulon dan 8 ekor di Taman Nasional Cat Tien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar