Memperkenalkan suvenir fungsional yang keren dari Jepang: dudukan toilet dengan alat penyemprot otomatis.
Banyak wisatawan yang berkunjung ke Jepang mungkin malu atau bahkan
takjub oleh fungsi toilet di sana pada awalnya, tetapi banyak dari
mereka yang akhirnya malah menjadi penggemar teknologi tersebut.
Beberapa pengunjung bahkan ada yang
akhirnya membawa pulang pengalaman menggunakan toilet canggih itu dalam
bentuk dudukan toilet dengan alat penyemprotnya yang tersemat di
dalamnya, atau berbagai model versi portabel dari teknologi itu.
Pembuat peralatan rumah tangga Panasonic
mengatakan bahwa penjualan dudukan toiler berpenyemprot untuk wisatawan
itu naik sebanyak lima kali lipat dalam 12 bulan hingga bulan Maret
dari adanya permintaan yang besar, terutama dari para wisatawan Cina
yang mengunjungi Jepang.
Perusahaan itu menyatakan mereka juga
telah menjual sekitar 20.000 unit penyemprot portabel dengan harga 55
dolar yang dirilis pada bulan September lalu, dengan tambahan pemesanan
sebanyak 10.000 unit yang telah mereka terima dari Arab Saudi baru-baru
ini.
Selama beberapa dekade, telah ada dorongan besar oleh pemain perlengkapan kamar mandi terbesar di Jepang, mulai dari Toto hingga Lixil
untuk mengekspor teknologi toilet mereka ke luar Jepang. Tetapi untuk
masalah pemasaran produk-produk mereka kepada konsumen non-Jepang,
tampaknya pengalaman menggunakan secara langsung produk tersebut jauh
lebih efektif dari penjelasan apapun.
Di Jepang, sebagian besar rumah tangga,
hotel dan gedung perkantoran baru memiliki toilet berpenyemprot
otomatis, sehingag pengguna memiliki kesempatan untuk membiasakan diri
mereka terhadap teknologi tersebut. Hal itu jauh lebih berarti daripada
kampanye iklan mahal yang menguraikan rincian operasional teknologi
tersebut, kata seorang pejabat di Panasonic.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar