Kamis, 13 September 2012

Tips Membeli Mobil yang Cocok Buat Anda

Tips Membeli Mobil Yang Cocok untuk Keperluan Anda

Tips Membeli Mobil Yang Cocok, Perhatikan Spesifikasi HP atau Torsi Mesin

Anda berniat untuk membeli sebuah mobil namun bingung bagaimana tips membeli mobil baru maupun bekas yang cocok dengan keperluan Anda?

Setelah merasa memiliki budget yang cukup dan sudah menentukan kira-kira mana saja kandidat model kendaraan yang akan Anda beli, ada baiknya Anda memperhatikan juga beberapa tips membeli mobil baru atau bekas berikut.

Pertama: Kumpulkan brosur mobil

Cari informasi sedetil mungkin mengenai model kendaraan yang ingin dibeli. Bisa dengan cara browsing atau minta brosur mobil ke sales mobil dari berbagai merk. Anda juga bisa mengunjungi website masing-masing merk untuk melihat detil spesifikasi mobil yang akan dibeli.

Tips Membeli Mobil Yang Cocok untuk Keperluan Anda

Tips Membeli Mobil Yang Cocok untuk Keperluan Anda

Kedua: Bandingkan spesifikasi kendaraan

Setelah terkumpul brosur atau melihat detil spesifikasi di masing-masing model kendaraan, salah satu tips membeli mobil baru atau bekas yang harus kita perhatikan adalah memperhatikan spesifikasi mesin, baik HP (horsepower) dan juga torsi mesin kendaraan.

Jika Anda menyukai mobil yang kencang, dan sering dipakai di jalan tol atau perjalanan keluar kota, mobil dengan mesin yang tenaganya kencang atau HP nya tinggi, bisa jadi pilihan.

Namun jika mobil yang akan Anda beli lebih banyak dipakai di dalam kota, untuk operasional sehari-hari dan sering terkena macet, atau sering dipakai di jalanan menanjak, pilih mobil dengan mesin yang memiliki torsi tinggi.

Jika tersedia 2 pilihan, tertulis torsi maksimum 100 Nm pada putaran mesin 4200 rpm atau 100 Nm pada 2500 rpm, pilih mobil dengan torsi mesin tinggi pada rpm mesin lebih rendah.

Dengan memilih mesin bertorsi maksimum pada rpm rendah, maka kita tidak perlu menginjak pedal gas lebih dalam untuk mendapatkan tenaga atau hentakan mesin saat menyalip atau menanjak, sehingga lebih irit bbm.

Ketiga: test drive

Ya, jangan lupa untuk selalu lakukan test drive untuk menentukan mobil mana yang cocok untuk Anda. Perhatikan kinerja mesinnya, bantingan suspensinya, handling kemudi, bunyi-bunyi mobil saat jalan, dan kelegaan kabin penumpang sesuai kebutuhan Anda.

Keempat: interior dan eksterior

Selalu perhatikan tampilan interior dan eksterior mobil yang ingin Anda beli. Apakah sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Check juga kerapihan dan fungsi-fungsi bagian mobil lainnya.

Demikian tips membeli mobil yang sesuai dengan keperluan Anda, dan jangan lupa perhatikan spesifikasi HP atau torsi mesinnya. Semoga tips membeli mobil ini bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar