Selasa, 10 September 2013

Modifikasi Mazda CX-9 SQ : Rebut 2 Piala Sekaligus

1
Viewed 3,424 times
Pekanbaru, BosMobil.com - Membawa pulang 2 piala juara sekaligus pada kontes SQ di BosMobil.com EASCA mSF 2013 Pekanbaru kelas 25 Juta dan 50 Juta merupakan prestasi gemilang yang digapai oleh Mazda CX-9 milik Ayang Tata. Seperti apa langkah yang dilakoni dalam modifikasi sistem audio Mazda CX-9  hingga sanggup menjuarai 2 kelas tersebut?
Mazda CX-9 Modifikasi SQ

Senyapkan Kabin

Langkah awal proses modifikasi sistem audio pada Mazda CX-9 ini yaitu membongkar seluruh interior kabin mobil untuk dilapisi dengan peredam VOX Gold. “Semua interior dilapisi dengan peredam, terutama panel pintu saya buat 3 lapis. Tujuannya agar kabin dalam bisa senyap dan hening,” buka Ayang Tata.
Mazda CX-9 Modifikasi SQ

Kolaborasi Head Unit Dan Processor

Sebagai sentralitas suara pada sistem audio Mazda CX-9 dipilih Alpine DVA-9861E dipadukan dengan processor Alpine PXA-H800 agar tatanan suara bisa glamour. ”Dua perangkat ini memang baik dalam menciptakan suara berkualitas, terutama di prossesor-nya yang sudah tersedia fasilitas lebih friendly untuk pengaturan, baik Time Aligment, EQ dan Crossover,” tutur Ayang Tata.
Mazda CX-9 Modifikasi SQ

Sajikan 2 Placement

Dalam menata suara pada sistem audio Mazda CX-9, speaker 3-way dari VOX FG6 ditempatkan di bagian kabin depan dengan placement berbeda. ”Tweeter diarahkan on-axis, sedangkan midrange dibuat agak memantul ke atas alias off-axis. Tujuannya untuk mendapatkan tonal balance, image dan fokus yang rapih,” jelasnya.
Mazda CX-9 Modifikasi SQ
Sedangkan untuk midbassnya tetap bercokol di panel pintu. Namun untuk mengoptimalkan kinerjanya, panel pintu dilapis peredam sebanyak 3 lapis agar mengurangi getaran yang dapat mengganggu suara.
Mazda CX-9 Modifikasi SQ

Boks Sealed, Suara Smooth

Beralih kepada penyembur suara bass di sistem audio Mazda CX-9 dipercayakan kepada subwoofer VOX VSS berukuran 10 inci yang ditanam di boks berjenis sealed. ”Tujuan menggunakan jenis boks sealed untuk mendapatkan suara low yang smooth. Volumenya sebesar 25 liter, jadi tidak terlalu besar tentunya kabin belakang masih lapang,” ungkap Ayang Tata.
Mazda CX-9 Modifikasi SQ

Power 2 Unit Full Aktif

Sesudah memilih dan menyematkan segala perangkat pengeras suara ke Mazda CX-9 ini, dioptimalkan melalui pemilihan power yang tepat. Makanya Ayang Tata menyematkan 2 unit power VOX VK100.4S MK.II. “Dua power ini saya main aktif ke speaker depan dan subwoofer,” cetusnya.
Mazda CX-9 Modifikasi SQ
Sedangkan, stabilitas voltase juga diperhitungkan agar kinerja sistem audio di Mazda CX-9 ini bisa stabil, yaitu memakai Volt Step Up Stabilizer. “Tujuannya yaitu arus listrik akan selalu stabil dan arus ke power bisa maksimal walau hanya dengan aki standar pabrik,” tegas pria yang berprofesi sebagai wiraswasta ini.

Fine Tuning

Agar suara yang dihasilkan bisa presisi di seluruh frekuensi, langkah akhir untuk penyempurnaan sistem audio Mazda CX-9 ini adalah fine tuning dari processor. “Tweeter HPF 5 kHz LPF 24 kHz, midrange HPF 500 Hz LPF 5 kHz, midbass HPF 71 kHz LPF 250 Hz dan subwoofer HPF 25 Hz LPF 60 Hz. Kami main aktif untuk midbass dan subwoofer, sedangkan tweeter dan midrange kami potong dari passive crossover,” tutupnya.
Mazda CX-9 Modifikasi SQ
Spesifikasi Audio :
Head Unit : Alpine DVA-9861E
Processor : Alpine PXA-H800
Speaker : VOX FG6
Subwoofer : VOX VSS
Power Amplifier : VOX VK100.4S MK.II (2 pcs)
Kabel RCA : VOX Interconnect
Kabel Speaker :  VOX Cable
Kabel Power : VOX 4AWG
Peredam : VOX Gold

Tidak ada komentar:

Posting Komentar