Selasa, 10 September 2013

Modifikasi Suzuki SX4 SQ : Selera Menghasilkan Juara

Tangerang, BosMobil.com - Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Layaknya tagline dari salah satu merek rokok, ‘Pria Punya Selera’... nahh kagak nyambung kan. Maksudnya disini ingin menceritakan selera dari owner Suzuki SX4 hitam ini, yaitu David Kapoyos.
Suzuki SX4 Modifikasi SQ
“Ini gaya saya, musik disesuaikan dengan selera masing-masing. Dan selera saya adalah Sound Quality (SQ),” ucap David ketika ditanya pertama kali mengenai mobilnya. Dari seleranya tersebut, David pun sanggup bawa pulang piala dari kontes SQ bertajuk BosMobil.com mSF 2013 pada 23-24 Maret kemarin dengan Suzuki SX4 hasil modifikasi-nya.
Suzuki SX4 Modifikasi SQ

Lapis Peredam Full Body

Suzuki SX4 Modifikasi SQ
Membangun sebuah mobil dengan sistem audio beraliran SQ, sebelumnya harus melakukan treatment. Oleh David, seluruh bodi Suzuki SX4-nya mulai dari firewall, pintu, lantai dasar dan atap dilapisi peredam yang tujuannya membuat kabin hening dan mengurangi getaran.
Suzuki SX4 Modifikasi SQ

Head Unit Sesuai Selera

Jika memang selera David adalah SQ, maka head unit pun harus mumpuni untuk memenuhi seleranya. Pioneer DEH-80PRS menjadi pilihan untuk sistem audio Suzuki SX4-nya, yang memang memiliki fitur tergolong lengkap untuk mendukung kualitas suara di sebuah sistem audio.
Suzuki SX4 Modifikasi SQ

Speaker Cukup 2-Way

Jika biasanya pemain SQ kebanyakan menggunakan speaker 3-way, beda cerita untuk David yang lebih memilih speaker 2- way. Hal ini memang disengaja lantaran ditujukan kepada kelas yang diikutinya saat kontes.
Suzuki SX4 Modifikasi SQ
“Karena saya mengejar di kelas budget 25 juta. Komposisi yang saya anggap ideal adalah seimbang budget-nya antara semua perangkat audio. Speaker Gramond R2 sudah memiliki karakter suara yang saya suka,” jelas David.
Suzuki SX4 Modifikasi SQ

Subwoofer 10 Inci

Untuk membantu suara frekuensi rendah pada sistem audio Suzuki SX4 ini, David menetapkan pilihannya kepada Gramond S-10 yang dibungkus dengan boks berjenis sealed berukuran 0,81 cu.ft. “Boks sealed saya pilih untuk mendapatkan suara yang tegas dan teratur,” jelasnya.
Suzuki SX4 Modifikasi SQ

Pakai Power Tabung

Power amplifier yang dipilih David adalah yang berjenis tabung, yaitu PCA Imagine untuk men-drive speaker. “Pakai power jenis tube karena karakter yang dihasilkan adalah warm,” jelas David secara singkat. Sementara power amplifier untuk subwoofer adalah VOX Altitude AL.650.1C yang berjenis monoblock.
Suzuki SX4 Modifikasi SQ
Suzuki SX4 Modifikasi SQ
Hasil modifikasi Suzuki SX4 milik David ini tentu saja mengantarkannya menjadi juara 2 di kelas Beginner 25 Juta. “Saya ingin kembangkan lagi, diperbaiki kekurangannya yang masih ada di mobil saya,” tutup David yang tergabung dalam Team Gramond.

Oke deh bos, next time juara 1 ya...
Spesifikasi Audio :
Head Unit : Pioneer DEH-80PRS
Speaker : Gramond R2
Subwoofer : Gramond S-10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar