Rabu, 14 Agustus 2013

Hipotesis masuknya agama hindu di Indonesia

Hipotesis Brahmana

 Dikemukakan oleh J.C. van Leur. yang menyatakan bahwa agama dan kebudayaan Hindu-Budha yang datang ke Indonesia dibawa oleh golongan brahmana (golongan agama / ahli kitab) yang sengaja diundang oleh para penguasa kerajaan di Indonesia.

Hipotesis Ksatria

 Dikemukakan oleh Prof.Dr.J.L Moens, yang menyatakan bahwa agama dan kebudayaan Hindu-Budha dibawa oleh orang India dari golongan kasta Ksatria,dengan alasan para golongan Ksatria (terdiri dari para bangsawan dan prajurit) mengalami kekalahan perang dan melarikan diri ke daerah baru,salah satunya ke Indonesia.


Hipotesis Waisya

  Dikemukakan oleh Prof.Dr.N.J. Krom, yangmenyatakan bahwa golongan waisya (para pedagang,petani,pemilik tanah) merupakan golongan terbesar yang berperan dalam menyebarkan agama dan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia.



Hipotesis Arus Balik

 Dikemukakan oleh F.D.K.Bosch, yang menyatakan bahwa pada mulanya golongan agama menyebar ke berbagai negara melalui jalur yang dilalui oleh para pedagang. Pada perkembangan selanjutnya orang Indonesia sendiri datang ke India untuk mempelajari agama dan kebudayaan Hindu-Budha. setelah memperoleh ilmu yang banyak,mereka kembali lagi ke Indonesia untuk menyebarkan ajaran agama Hindu-Budha.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar