Selasa, 10 September 2013

Modif Suzuki Swift SQ : Rahasia Sang Juara

1
Viewed 324 times
BosMobil.com - Instalasi yang benar, bahan boks dari arm rack (besi) untuk subwoofer, bahan alumunium untuk boks midrange dan midbass yang membuat kokoh dan rigid adalah rahasia Suzuki Swift ini. Hal itu berdampak langsung dengan suara yang baik, alhasil belum lama ini telah menuai prestasi di kontes SQ (Sound Quality) dengan beragam kelas yang diikuti.
Suzuki Swift Modifikasi SQ
“2nd Place 50 Advanced HIN Surabaya, 1st Place Advanced 25 EMMA QR 2 Jakarta dan 1st Place Advanced 50 EMMA QR 2 Jakarta. Jadi lumayan banyak deh,” ungkap Ricky dari Mobiltronik Surabaya.
Suzuki Swift Modifikasi SQ

Siasati Pintu Dengan Peredam

Penggunaan peredam memang penting dalam memaksimalkan suara, apalagi panel pintu yang condong sering mengeluarkan getaran dapat mengganggu kenyaman pengemudi. ”Pemasangan cuma di pintu depan bos, namun pengerjaan yang rapih dan benar hasilnya juga optimal mengurangi getaran pintu maupun suara yang masuk dari luar mobil,” tegas Ricky.
Suzuki Swift Modifikasi SQ

Pilih Head Unit Sesuai Kelas

Mengikuti kontes SQ di kelas 25 juta, pilihan head unit dituju pada Alpine CDA-117E. “Kami harus pintar-pintar pilih head unit, karena kontes yang diikuti kan kelas 25 juta. Jadi gue pakai ini karena sudah didukung dengan pengaturan time delay maupun prosessor yang mempermudah pengaturan suara, meskipun masih gue optimalin lagi dengan processor eksternal Alpine,” tukasnya.
Suzuki Swift Modifikasi SQ

Eksplorasi Speaker Depan

Meskipun terlihat simpel, sistem audio pada Suzuki Swift cukup sensasional. Hal itu terlihat dengan perlakuan speaker depan Dominations yang optimal dengan midrangenya dibuat tertidur (sleep midrange).
Suzuki Swift Modifikasi SQ
”Sengaja bos dibuat tidur midrange-nya, karena dengan begitu posisi tinggi juri atau pendengar tidak terlalu efek, kan kami gak tau jurinya seberapa tinggi. Lalu dispersi midrange itu sering banyak masalah, sehingga dengan placement ditidurkan bisa mengurangi masalah dispersi suara dari midrange,” ungkap Ricky. ”Lalu, di atas tweeter gue tambahin diffuser untuk mengurangi pantulan suara dari tweeter. Hal ini sangat terasa saat penilaian staging dan imaging,” tambahnya.
Suzuki Swift Modifikasi SQ
Sementara, perhatian midbass pun tak kalah hebohnya. ”Jenis boksnya gue aplikasikan aperiodic membrane dengan bahan alumunium, lalu pemasangannya langsung dilas di pintu mobil. Tujuannya agar dudukan midbass menjadi rigid dan kokoh,” ucap Ricky.
Suzuki Swift Modifikasi SQ
Sedangkan subwoofer Dominations dibuatkan boks berjenis sealed dengan volume yang tepat. ”Untuk suplay-nya gue andalin 2 power 4-channel bos, dengan pembagian 2-channel untuk tweeter, midrange dan midbass. Sedangkan subwoofer gue sokong 2-channel alias bridge,” tutupnya.
Suzuki Swift Modifikasi SQ
Suzuki Swift Modifikasi SQ
Spek Audio
Head Unit : Alpine CDA-117E
Processor : Alpine PXA-H701
Tweeter-Midbass : Dominations RS61
Midrange : Dominations Srikandi
Subwoofer : Dominations ZB
Power amplifier : Dominations ES4100 (2 pcs)
Cable : Pitch N Timbre

1 komentar: