Selasa, 10 September 2013

Built For Racing Competition - Modifikasi Toyota Yaris

Viewed 16,020 times
Jakarta, BosMobil.com - Membangun sebuah mobil yang berspesifikasi balap tidak hanya sebatas mesin yang terkena sentuhan modifikasi. Kenyataannya, unsur lainnya juga harus diperhatikan agar bisa berkompetisi ataupun bersaing di sirkuit. Seperti modifikasi yang dilakukan Akram Tabrani pada Toyota Yaris miliknya.
Toyota Yaris Modifikasi Racing
Sedikit flash back, rupanya Akram memang sudah menyukai dunia balap sejak kecil. “Dulu kakek saya memiliki koleksi mobil, dan om saya juga pembalap pada tahun 1990-an dengan menggunakan Mazda RX-7. Sekarang, saya juga memiliki kesempatan untuk mengikuti balap. Makanya saya modifikasi Toyota Yaris ini berkonsep mobil touring,” cerita Akram secara singkat.
Toyota Yaris Modifikasi Racing
Masuk ke pembahasan modifikasi, ternyata Akram masih mengandalkan mesin bawaan Toyota Yaris. Berawal dari porting-polish dan papas head cylinder yang merupakan menu wajib untuk meningkatkan tenaga mesin. Hal ini menyebabkan lubang intake dan exhaust lebih besar dari ukuran standarnya. Untuk mengimbanginya, digunakan filter berjenis open pada intake dari Greddy, serta memakai header TRD yang bersambung ke pipa knalpot stainless dan berakhir di muffler Greddy pada exhaust system khusus untuk racing. Semua sistem pengaturan mesin dibantu piggyback Dastek Unichip. “Tenaganya meningkat menjadi 160 HP dan torsi 175 Nm. Tetapi jeroan mesin masih standar ya bos,” jelas Akram.
Toyota Yaris Modifikasi Racing
Toyota Yaris Modifikasi Racing
Tenaga yang meningkat juga harus didukung dengan kopling yang mumpuni agar tenaga tidak terbuang secara percuma. Untuk mewujudkannya, Akram menyematkan kopling set dari TRD berikut quick shift agar perpindahan gigi semakin gesit. “Semua barang yang berlabel TRD saya beli sendiri ke negara tetangga karena jadinya lebih murah hehehe,” ucapnya.
Toyota Yaris Modifikasi Racing
Kelar urusan mesin, kaki-kaki harus di-upgrade agar lebih stabil. Roda standar dirasa tidak mumpuni, gantinya adalah pelek Enkei RPF01 yang dibalut dengan ban khusus balap berukuran 195/50-R15. Pengendalian disempurnakan dengan penggunaan suspensi coilover K-Sport serta strut bar, rear strut bar dan front lower arm bar agar lebih stabil. Supaya mobil tidak ‘nyelonong’, piringan cakram dan kampas rem juga diganti dengan komposisi yang lebih kuat agar lebih mengigit.
Toyota Yaris Modifikasi Racing
Toyota Yaris Modifikasi Racing
Namanya juga untuk balap, makanya Akram menelanjangi seluruh isi interior Toyota Yaris-nya. Sebuah jok bucket seat Bride Zeta 3 berikut seat belt Takata 4 titik dirasa sudah sangat cukup. Mendukung sisi keselamatan yang juga memang syarat untuk mengikuti balap touring, dipasangkan roll cage 8 titik yang berwarna hijau stabilo. Door trim bawaan juga dilucuti dan diganti dengan bahan plat. “Kurang enteng nih hehe, pengen potong beberapa bagian lagi yang tidak perlu,” ucap Akram. Waduh... Tetapi Akram masih mempertahankan lingkar kemudi bawaan karena terdapat airbag. “Masih mencari-cari penggantinya bos yang juga ada airbag-nya,” ucapnya.
Toyota Yaris Modifikasi Racing
Toyota Yaris Modifikasi Racing
Jika dilihat sekilas, Toyota Yaris ini terlihat standar ala kadarnya yang dibalut cutting sticker supaya terlihat garang. Ternyata sudah mengalami pergantian di beberapa sisinya. “Demi mengejar bobot yang lebih enteng lagi, maka ada beberapa bagian yang dibuat dari bahan karbon,” ucapnya. Bisa ditebak yang terlihat adalah kap mesin depan, bagasi belakang, bemper depan-belakang, fender, side skirt, hingga rear wing yang berlabel TRD.
Toyota Yaris Modifikasi Racing
Toyota Yaris Modifikasi Racing
Selain bertujuan mengikuti balap touring, modifikasi yang dilakukan Akram ternyata pernah berpartisipasi dalam dunia kontes. “Pernah menang Nominee of King Racing pada kontes lokal di Bandung. Selain itu juga pernah mendapat Best Touring Style, Excellent Racing Body Art, Excellent Racing Presentation, Nominee of King Racing dan Nominee of Champion Racing pada gelaran kontes akhir tahun lalu di Jakarta,” jelas Akram.

Toyota Yaris Modifikasi Racing
Nah, sekarang sudah siap ikutan balap touring tahun ini dong bos? “Pernah ikutan gelaran Time Attack tahun lalu dan dengan waktu terbaik 1:57 detik. Tahun ini, saya ingin fokus berpartisipasi di ajang Indonesian Series Of Motorsport (ISOM),” tutupnya. Mantaffffff...

Data Modifikasi :
Exterior : Carbon Engine Hood, Carbon Fender, Carbon Front-Rear Bumper, Carbon Side Skirt, Carbon Trunk, Carbon TRD Rear Spoiler, Carbon Air Scoop, Carbon Billion Air Funnel, Carbon Cover Mirror, Carbon Door Handle, Sparco Hood Pin, Netz-Vitz Emblem, RS Grill Emblem, TRD Fuel Cap, Full Cutting Sticker.
Footwork : Enkei RPF01, Advan Neova AD08 195/50-R15 & GT Radial SX1 195/50-R15, Racing Composite R40, K-Sport Coilover, Chamber 2.5, Runstop Disc Brake, Endless MX72 Brake Pad, Goodridge Brake Hose, Cusco Strut Bar-Front Lower Arm Bar, Ultra Racing Rear Strut Bar.
Interior : Roll Cage 8-Points, FIA Bride Seat 3, FIA Takata 4-Points, Pivot RPM Meter, TRD Shift Knob, HKS Turbo Timer, Engine Cut Off, 3 Kg Fire Estinguisher With Custom Bracket, Custom Door Trim.
Engine : Porting-Polish & Slip Head Cylinder, Greddy Open Air Filter, Custom Air Intake Box, TRD Header, Custom Stainless Piping, Greddy Beat Max Muffler, NGK Racing Spark Plugs, Dastek Unichip Type Q+, Dastek I-Drive, Pivot Throttle Controller, TRD Flywheel, TRD Pressure Plate, TRD Disc Plate, TRD Quick Shifter, Greddy Oil Catch Tank, Davis Craig Electric Water Pump, TRD Sport Thermostat, TRD Oil Cap, TRD Radiator Cap, TRD Resevoir Tank Cover, Samco Radiator Hose, Pulley Kit, HKS Ground Wire, HKS Silicon Hose.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar