Sabtu, 01 Juni 2013

TIPS MENCEGAH RAMBUT BERCABANG


Rambut bercabang kadang membuat kita kurang pede dengan penampilan kita. Apalagi ujung rambut yang bercabang seringkali mengalami perubahan warna sehingga dapat terlihat jelas kalau rambut kita bercabang. Biasanya, kita akan menyiasatinya dengan cara memotong ujung-ujung rambut kita. Tapi, hal itu enggak berarti rambut kita akan bebas dari ujung rambut yang bercabang. Sebaiknya kita juga memulai perawatan pada rambut agar rambut bisa tumbuh dengan sehat.

Nutrisi
Mulailah dengan menjaga asupan pola makan agar nutrisi tubuh dapat terpenuhi. Sama dengan kuku, rambut adalah bagian tubuh yang banyak mengandung keratin. Karena itu bisa dipastikan kalau kuku terlihat kusam, pasti rambut kita juga bermasalah. Keratin banyak terdapat pada makanan yang tinggi protein. Selain itu, hindari makanan yang berkalori dan berkolesterol tinggi.


Hindari air panas
Selain menghindari terik matahari, kita juga jangan terlalu sering keramas dengan air panas/hangat. Kutikula rambut akan meregang setiap kali terkena panas, baik panas dari sinar matahari ataupun air yang kita gunakan untuk mandi, yang akan menjadikan rambut rentan terhadap kerusakan.

Kering alami
Hindari juga pemakaian hair dryer, curling iron ataupun flat iron yang terlalu sering. Penggunaan sehari sekali aja udah termasuk terlalu sering, lho girls...

Perlahan
Kalau pengin mengeringkan rambut, jangan menggosok rambut pada handuk yang terlalu kasar. Ditepuk-tepuk pada handuk juga udah cukup,kok.

Sisir tepat
Jangan terlalu sering menyisir, apalagi dengan sisir yang salah. Gunakan sisir yang bergigi jarang atau sisir dengan gerigi besar.

Perawatan
Selain dari makanan. kita juga bisa menjaga rambut kita dari luar. Gunakan shampoo danconditioner yang cocok dengan jenis kulit kepala dan rambut kita. Selain itu, kita juga bisa pergi ke salon untuk melakukan creambath maupun hairspa. Sesekali santai di salon enggak masalah, kok girls! Hi-hi-hi...

Potong
Lakukan pemotongan secara teratur, sekitar 4-6 minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk membuang ujung rambut yang udah tua dan menghindari rambut bercabang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar